Public Speaking, Master of Ceremony
Public Speaking, Master of Ceremony
www.AlvinAdam.com

Liputan 24 Banten

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Inilah Kabupaten Terluas di Indonesia

Posted by On 5:41 AM

Inilah Kabupaten Terluas di Indonesia

Foto: IndonesiaKaya.com

Kabupaten adalah pembagian wilayah administratif di Indonesia setelah provinsi. Pemimpin dari wilayah yang disebut kabupaten adalah seorang bupati. Selain kabupaten, pembagian wilayah administratif setelah provinsi adalah kota. Secara umum, baik kabupaten dan kota memiliki wewenang yang sama.

Berbicara soal kabupaten, tahukah Anda kabupaten terluas yang dimiliki Indonesia?

Kabupaten terluas Indonesia ternyata berada di ujung timur Tanah Air. Di sana dikenal dengan pembangunan yang masih belum merata. Kabupaten tersebut adalah Merauke.

Seperti kita tahu, kabupaten paling timur di wilayah Indonesia ini terletak di Papua.

Nama “Merauke” sendiri sebenarnya berasal dari sebuah salah paham yang dilakukan oleh para pendatang pertama kali dengan penduduk asli. Ketika para pendatang menanyakan apa nama sebuah perkampungan, penduduk menjawab “Maro-ke” yang sebenarnya berarti “itu sungai Maro”.

Dengan luas wilayah 70 kali lebih besar dari luas Singapura yaitu 119.749 Km2 atau 29% dari luas wilayah Provinsi Papua. Kabupaten Merauke mempunyai 20 kecamatan didalamnya. Jumlah penduduk Kabupaten Merauke per tanggal 31 Desember 2015, menurut pendataan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil berjumlah 263.664 Jiwa. Dari jumlah tersebut, Penduduk laki-laki mencapai 139.092 Jiwa dan perempuan mencapai 124.572 Jiwa.

Ditemukan pada tanggal 12 Februari 1902, suku asli di Merauke adalah Suku Marind Anim. Tidak lagi mengenakan koteka, kini Suku Marind sudah hidup modern. Tetapi Suku Marind tetap mencari makan dengan cara berburu. Rusa, kangguru, dan kuskus merupakan binatang buruan mereka.

Di Merauke, berburu masih merupakan hal yang legal. Pemerintah memperbolehkan Suku Marind berburu dengan syarat perburuan harus dilakukan menggunakan senjata tradisional seperti pana h dan ketapel. Berburu dengan panah dan ketapel merupakan tradisi turun temurun yang dilakukan para lelaki dari Suku Marind di hutan-hutan Merauke. Para pemburu ini bisa dijumpai di kawasan Taman Nasional Wasur pada siang atau sore hari.

Walaupun Suku Marind merupakan suku asli kabupaten Merauke, penduduk di Merauke kebanyakkan merupakan pendatang yang berasal dari luar Papua. Kebanyakkan mereka datang ke Merauke ditugaskan untuk bekerja. Walaupun biaya hidup di Papua sangat mahal, Merauke adalah satu-satunya tempat yang biaya hidupnya paling murah di Papua. []

Sumber: goodnewsfromindonesia.id

Sumber: Google News | Liputan 24 Merauke

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »