Ngagurah Dano, Tradisi Menangkap Ikan Masyarakat Banten | Liputan 24 Banten
www.AlvinAdam.com

Gratis Berlangganan

Tuliskan Alamat Email Anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Ngagurah Dano, Tradisi Menangkap Ikan Masyarakat Banten

Posted by On 9:23 AM

Ngagurah Dano, Tradisi Menangkap Ikan Masyarakat Banten

  • VIVA รข€" Bagi yang suka berwisata dan berolahraga di pantai, bisa mengikuti Anyer Krakatau Culture Festival (AKCF), sebuah pagelaran seni dan budaya Banten.

    Salah satu yang menjadi bagian AKCF adalah tradisi Ngagurah Dano. Tradisi ini telah berlangsung pada 05 Agustus 2018 lalu dan merupakan kebiasaan masyarakat menangkap ikan di aliran Sungai Cidano yang
    berada di dua kecamatan yakni di perbatasan Desa Rancasanggal, Kecamatan Padarincang dan Desa Cikolelet, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, Banten.

    "Ngagurah Dano merupakan tradisi turun temurun nenek moyang. Kegiatan itu mencerminkan kebersamaan masyarakat menangkap ikan dan menjaga lingkungan," kata Ratu Tatu Chasanah, Bupati Serang, Minggu, 2 September 20 18.

    Bagi yang hobi memancing, bisa mengikuti lomba memancing di Selat Sunda pada 02 September 2018. Lalu ada Expo AKCF pada 07-09 September 2018 yang memamerkan pagelaran seni dari 13 kabupaten dan kota di Indonesia, hingga tiga negara di dunia yang berlangsung di Pendopo Bupati Serang.

    Ngagurah Dano Tradisi Menangkap Ikan Masyarakat Banten

    Upaya terus melestarikan keberadaan silat di Bumi Jawara, akan ada lomba pertandingan silat dengan Jurus Kaserangan pada 15 September 2018 di Pantai Plorida 1.

    "Ada juga color run 10K, 16 September 2018. Berlari di tepian pantai menjadi daya tarik tersendiri, berolahraga sambil menikmati keindahan alam laut di Pantai Florida Indah," terangnya.

    Bagi penghobi burung, bisa mengikuti lomba kicau dan makan ikan bakar pada 23 September 2018 di pesisir pantai.

    "Ada juga motor trail, start dari Pantai Adeum menjelajah alam di Padarincang, tanggal 20 Oktober nanti," jelasnya.

Sumber: Berita Banten

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »